Health

5 Khasiat BuahTomat untuk Wajah

Siapa yang tidak kenal dengan buah tomat. Buah yang sangat mudah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan banyak diminati oleh masyarakat karena banyak mengadnung vitamin, mineral dan zat antioksidan ini memang baik bagi kesehatan.

Selain baik untuk kesehatan, buah tomat juga bagus untuk kecantikan kulit wajah. Tomat juga dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang berkhasiat untuk mengatasi keluhan atau masalah pada wajah Anda tanpa perlu pergi ke salon. Dengan khasiat yang luar biasa pada buah tomat, perawatan kulit wajah dapat dilakukan secara rutin. Berikut khasiatnya bagi kecantikan wajah:

  1. Mencerahkan dan melembabkan kulit wajah

Kandungan vitamin C pada tomat memiliki khasiat untuk membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya jika Anda rajin mengomsumsinya secara rutin. Pada umumnya, tomat banyak digunakan sebagai masker wajah. Selain alami, tomat juga tidak mengakibatkan efek samping.  Cara penggunaanya: Ambil buah tomat merah segar lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, belah menjadi beberapa bagian lalu gosokan keseluruh kulit wajah dan leher sampai merata, diamkan selama 15 menit.

  1. Pelindung Kulit dari Sinar UV

Bila kulit terkena paparan sinar matahari terlalu sering dan lama dapat mengakibatkan kulit terbakar bahkan meradang. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan buah tomat yang mampu melindungi kulit dari panasnya sengatan matahari. Cara pemakaiannya: Haluskan 1 buah tomat segar lalu tambahkan sedikit yoghurt, aduk sampai merata. Lalu oleskan keseluruh kulit wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air dingin sampai bersih, lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mengecilkan Pori-Pori Besar

Pori- pori kulit yang besar dapat membuat kotoran mudah masuk dan bisa mengakibatkan infeksi dan jerawat. Cara Penggunaannya: hancurkan tomat dengan blender lalu campurkan dengan jeruk nipis. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah dan pijat kulit dengan gerakan melingkar, lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Memiliki jerawat akan mempengaruhi rasa percaya diri. Kulit berjerawat menandakan bahwa Anda kekurangan vitamin C dan A.  Dengan mengonsumsi buah tomat jerawat dapat disembuhkan secara alami. Bila jerawat tidak parah, Anda cukup mengiris tomat lalu tempelkan pada wajah. Namun bila jerawat sangat parah, blender tomat dan oleskan secara merata pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 1 jam lalu bilas menggunakan air dingin.

  1. Menghilangkan Komedo

Selain jerawat, komedo juga membuat wajah menjadi tidak menarik dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk menghilangkannya, campurkan tumbukan buah tomat dan alpukat, diamkan selama kurang lebih 20 – 30 menit dan bilaslah dengan air hangat.

Teks : Anggi || Foto : IST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM