Business & ProfileGadget

Bisnis Online Semakin Menjamur di 2016

 Satu hal yang tak bisa dipungkiri adalah meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia. Saat ini banyak orang yang bisa mengakses internet dengan mudah melalui perangkat komputer (personal computer), smartphone, tablet, phablet, dan sebagainya.

 Seperti halnya yang baru di tengah masyarakat yaitu Go Jek, mulanya adalah tukang-tukang ojek yang mangkal menunggu penumpang dimana penghasilannya pun tak menentu, tetapi dengan adanya sedikit suntikan teknologi, para tukang ojek saat ini sudah bisa mendapat penghasilan paling tidak cukup memenuhi kebutuhan hidupnya.

Banyak para tukang ojek yang menjadi lebih sejahtera dibanding dulu, waktu mereka yang awalnya kosong menunggu penumpang saat ini sudah mulai terisi karena banyaknya masyarakat membutuhkan kendaraan yang cepat untuk sampai tujuan.

Karena kesibukan masyarakat yang berusaha mendapatkan semuanya secara instan, mudah, dan yang terpenting tidak membuang banyak waktu, toko online menjawabnya melalui gadget, mereka sudah bisa memesan barang maupun jasa yang diinginkan tanpa membuang banyak waktu, biaya, juga tenaga.

Dari hasil survey terbaru Google Indonesia dalam periode Desember 2014 – Februari 2015 lalu, rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu selama 5,5 jam per hari menatap layar ponsel pintarnya (smartphone). “Tren sekarang orang sudah mulai beralih ke mobile,” ujar Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia.

Dari waktu 5,5 jam yang dihabiskan pengguna smartphone di Indonesia, salah satunya yang mereka lakukan adalah berbelanja online. Online shopping sendiri berada di peringkat ketiga dari kebiasaan pengguna smartphone. Peringkat pertama tetap ditempati oleh akses jejaring media sosial, dan kedua adalah pencarian informasi (searching). Dilihat dari tingginya minat belanja online melalui smartphone dikarenakan orang sudah semakin percaya dengan keamanan transaksi online.

Toko online dibagi menjadi 2, yaitu toko online barang yang menjual barang, baik mentah, setengah jadi, maupun jadi. Layaknya transaksi di pasar, transaksi online dapat terjadi tawar menawar. Kelebihannya adalah praktis, ekonomis, dan efektif. Tetapi selain memiliki kelebihan, ada kekurangannya, yakni kurang puas terhadap barang yang dijual karena berbeda dengan yang ada di gambar, tidak sampai tujuan karena alamat yang salah, terjadinya tindak kejahatan penipuan karena barang yang sudah dibeli tak kunjung dikirim lalu penjualnya menghilang.

Kemudian toko online yang menjual jasa. Adanya kurir barang, yakni toko yang melayani pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain, contohnya JNE, TIKI, POS INDONESIA, dll. Lalu ada juga kurir manusia, yakni toko yang melayani jasa antar jemput dari satu tempat ke tempat lain, contohnya Uber Taxi, Go Jek, dll. Kelebihannya adalah tidak perlu mengantar barang sampai ketujuan, tidak perlu menunggu lama, pelayanan lebih bersih, sopan dan santun. Kekurangannya yakni terlambat pengiriman, risiko barang rusak dan tidak sampai ketujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM