Event

Inovasi Terbaru untuk Industri Konten dan Periklanan Indonesia dari Telkom Group

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melalui anak perusahaannya, PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) dengan salah satu unit bisnisnya, Metrasat meresmikan MediaHub sebagai layanan inovatif yang mendukung industri konten dan periklanan di Indonesia.

Dengan latar belakang Undang-undang Penyiaran no. 32/2002 mengenai besaran muatan lokal dan kemampuan sensor serta surat edaran KPI No 345/2014 dan Surat Edaran KPI No 2806/2014 serta PP no 52 tahun 2005 terkait dilarangnya iklan asing pada kanal asing hingga pembatasan durasi penayangan dan jenis iklan yang ditayangkan dibutuhkan sebuah solusi nyata bagi industri konten dan periklanan saat ini.

MediaHub merupakan inisiatif dalam menjembatani kepentingan Penyedia Konten, Biro Iklan, Kominfo, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan TV Berbayar mewujudkan tayangan yang aman dan nyaman bagi pelanggan namun tetap menghasilkan keuntungan bisnis bagi penyedia konten dan TV Berbayar.

Komisaris Utama TelkomMetra sekaligus Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, Muhammad Awaluddin menegaskan, “Telkom saat ini menawarkan solusi terintegrasi, bukan hanya terbatas pada telekomunikasi namun berperan menjadi platform yang memberikan value kepada konten yang dibawa dalam bisnis inti connectivity. Ini sejalan dengan misi Telkom melakukan transformasi dari Telco (Telecommunication Company) menjadi Digico (Digital Telco).”

MediaHub hadir sebagai solusi bagi penyedia konten dan TV Berbayar dalam mengurai permasalahan terkait pendistribusian konten di Indonesia. Dengan dukungan mitra yang mempunyai lebih dari 20 tahun pengalaman dalam teknologi playout service dari SmartCast, MediaHub melalui Metrasat menyediakan solusi praktis berupa agregasi konten dan layanan distribusi bagi penyedia konten dan TV Berbayar. MediaHub memungkinkan tayangan iklan melalui TV Berbayar yang menjangkau secara nasional.

Sebagai mitra KPI, MediaHub memiliki inovasi dalam sistem Playout dan Ad-insertion yang memungkinkan penyaringan konten sesuai regulasi penyiaran di Indonesia sekaligus mendistribusikannya ke TV Berbayar melalui proses plug and play yang efisien MediaHub menjadi satu-satunya jaringan iklan TV Berbayar yang mendukung pengembangan produksi dan konten lokal.

“Fokus TelkomMetra adalah bisnis pendamping/pendukung Telekomunikasi, dan dari pegamatan kami, pertumbuhan industri konten akan sangat tinggi dan membutuhkan dukungan yang efisien untuk agregasi dan distribusinya. TelkomMetra punya misi memfasilitasi industri konten agar lebih efektif dan efisien sekaligus patuh pada regulasi. Kami berharap konten lokal bisa lebih berkembang sementara konten global yang masuk mengikuti aturan dan budaya lokal” demikian disampaikan CEO TelkomMetra, Teguh Wahyono.

Mendukung pernyataan tersebut, Christian Brenner, Founder dan CEO SmartCast Jerman sekaligus PT SmartCast Indonesia menyatakan, “SmartCast telah melayani lebih dari 160 kanal TV yang tersebar di 15 negara di seluruh dunia. Kami bangga menjadi bagian dari satu-satunya proyek yang inovatif di Indonesia. Saya berharap negara di Asia lainnya dapat mengikuti langkah yang sudah digagas MediaHub.”

Managing Director Metrasat, Bogi Witjaksono menambahkan, “Dengan teknologi playout dan connectivity yang terpercaya, MediaHub bermitra dengan Biro Iklan memberi solusi efisiensi biaya manajemen, traffic dan distribusi konten berupa dukungan dan operasional penjualan inventaris iklan yang menjadi nilai tambah bagi pemilik konten.”

Teks : TSS, Foto : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM