Kids

Manfaat Memasak Untuk Mengasah Kecerdasan Otak Anak

Mengasuh anak dalam rangka mengembangkan kreatifitas serta potensi, memang memilki banyak cara. Berbagai metode kursus pengembangan anak baik secara akademis hingga ragam gerak fisik banyak tersedia. Salah satu yang mulai dilirik oleh para orang tua adalah memberikan pilihan kursus memasak pada anak-anak mereka.

Kegiatan masak-memasak memiliki banyak manfaat. Selain mengajarkan keterampilan memasak pada anak, juga dapat mempererat kedekatan antara Ibu dan Anak. Kegiatan masak-memasak bersama pada akhir pekan sangat dianjurkan, agar Ibu dapat banyak berkomunikasi dengan anak, memberikan asupan makanan yang bergizi, dan bervariasi. Selain itu, asyiknya memasak bersama pada akhir pekan bisa menjadi kegiatan yang selalu ditunggu oleh anak. Adapun manfaat yang akan diperoleh dalam kegiatan tersebut yaitu:

1. Kecerdasan logis metematis. Anak akan belajar membaca resep, menghitung takaran, dan bahan-bahan makanan yang akan diolah. Seperti masukkan 4 butir telur, 100 gram gula, 1 sendok teh cokelat bubuk. Anak belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan.

2. Kecerdasan berbahasa/berkomunikasi. Selama proses memasak, Anak harus menyimak instruksi yang diberikan dengan baik, menghapal pesan yang disampaikan dan berinteraksi. Jika anak ikut serta dalam kelas memasak, Ia dapat bersosialisasi dengan teman sebaya.

3. Membangun rasa percaya diri & tanggung jawab. Dengan bekal kemampuan yang dimiliki, anak-anak menjadi lebih percaya diri dan mandiri. Anak-anak mempunyai rasa bangga ketika masakannya dicicipi oleh orang tua dan diberikan pujian. Memasak juga menumbuhkan keberanian untuk mengambil risiko dan menghadapi konsekuensinya. Saat pagi hari, Anda bisa mengajak anak menyiapkan bekal sekolahnya. Biarkan Ia memilih menu makanan dan menyimpannya dalam kotak makanan sendiri, dan menghabiskannya.

4. Meningkatkan Wawasan & Kreativitas. Anak-anak akan diajarkan berbagai pembelajaran dalam kegiatan tersebut. Mereka menjadi lebih peka terhadap ruang, warana, arah dan bentuk, sehingga ia dapat melahirkan ide secara visual.  Bila ditempat kursus memasak anak juga akan bekerja sama dengan teman sebayanya, sehingga Ia akan terlatih untuk berinteraksi dan memahami karakter orang lain.

Teks : Anggi || Photo : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM