Kids

Menjaga Anak tetap Sehat di Musim Hujan

Di musim penghujan saat ini, tentunya harus ekstra hati-hati dalam menjaga pola hidup agar tubuh tetap sehat. Pasalnya, kuman atau virus sangat mudah menyerang imun seseorang, terutama buah hati yang masih rentan dengan penyakit. Mulai penyakit flu, demam, batuk, dan pilek menjadi jenis yang sering dijumpai. Dan untuk menghindarinya, bisa dengan memberikan perhatian lebih kepada si anak.

Ada beberapa cara untuk bisa membuat anak Anda tetap terjaga kesehatannya di musim hujan. Selain memberikan vitamin atau suplemen, mungkin bisa dicoba dengan beberapa cara berikut ini :

  • Ketika hendak melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya pakaikan buah hati dengan baju hangat, jaket, sarung tangan, kaos kaki dan sepatu. Tapi ingat, jangan terlau berlebihan karena bisa membuat bayi sesak napas akibat kekurangan oksigen.
  • Biasakan pola hidup sehat buah hati Anda dengan memberikan makanan yang bergizi, istirahat siang yang cukup, serta biasakan mencuci tangan sebelum makan, memakai masker, dan membuang bekas tisu setelah bersin atau batuk ke tempat sampah dengan cara yang baik.
  • Membatasi waktu bermain si anak saat musim hujan. Hal ini dikarenakan saat musim hujan penyakit lebih mudah menyebar ke tubuh anak. Oleh karena itu, kebersihan tubuh juga menjadi yang utama untuk diperhatikan.
  • Persiapkan perlengkapan jas hujan, payung, sepatu bot untuk melindungi dirinya dari air hujan, genangan air, serta cipratan air yang mengalir di jalan-jalan.
  • Perhatikan kebersihan kamar anak. Rapihkan bagian kolong tempat tidurnya yang seringkali dipenuhi dengan bermacam peralatan atau mainan yang dimilikinya. Jika terdapat wadah air, kosongkan wadahnya agar nyamuk tidak dapat berkembang biak.
  • Pastikan anak dan anggota keluarga lainnya sering minum air putih sesuai takaran yang diperuntukan. Untuk makanan, pastikan kebersihannya. Jangan sampai diare ataupun kolera yang sering muncul karenai air yang kurang bersih menyerang keluarga Anda.
  • Jadikan mencuci tangan sebagai rutinitas yang harus terus dilakukan. Hal ini sangat penting untuk menghindari buah hati dari penyakit yang biasanya masuk melalui tangan.
  • Berikan vaksinasi untuk menjaga kekebalan tubuh buah hati. Sesuaikan vaksin yang tepat untuk kebutuhan kesehatan anak Anda. Jika ada program vaksin gratis dari pemerintah, jangan ragu untuk mengikutsertakannya.

Teks : Indra / berbagai sumber || Foto : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM