HealthKids

Saluran Cerna Sehat Bekal Anak Tumbuh Optimal

Masa keemasan pertumbuhan buah hati terjadi ketika usianya mencapai dua tahun. Saat itulah perkembangan otaknya sedang terbentuk. Dan faktanya, proses terbentuknya otak yang cerdas saat itu dipengaruhi kesehatan saluran pencernaan yang ada dalam tubuhnya untuk tumbuh optimal hingga dewasa.

Para ahli nutrisi dan dokter spesialis anak percaya bahwa antara saluran pencernaan dan otak terjadi komunikasi dua arah. Di dalam saluran cerna terdapat sito anatomi dan mikrobiota sedangkan dalam otak terdapat sito anatomi dan signaling.

Untuk jenis Mikrobiota pada anak sangat bervariasi. Masing-masing Mikrobiota ini mengeluarkan berbagai hormon yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak. Mikrobiota pada saluran pencernaan terdiri dari bakteri baik, seperti prebiotik dan Lactobacilus reuteri dan masih banyak lagi. Bakteri baik ini akan berperan dalam membantu kinerja saluran cerna, terutama usus, agar proses pencernaan dan penyerapan gizi berjalan maksimal.

Sedangkan Signaling atau pemberi sinyal pada otak diindikasikan akan memicu perkembangan sirkuit pada otak anak. Sirkuit pada otak berfungsi untuk memaksimalkan fungsi otak sehingga semua komponennya bisa bekerja harmonis dan mendukung tumbuh kembang anak dengan sempurna. Oleh karena itu, pentingnya menciptakan saluran cerna yang sehat selagi balita sangat bersifat wajib.

Oleh sebab itu gangguan pencernaan yang terjadi pada masa kanak-kanak, umumnya di bawah usia dua tahun, akan lebih membahayakan ketimbang  ketika dewasa. Usahakan hindari hal ini agar tidak menimpa buah hati Anda.

Bayi Rentan Alami Gangguan Pencernaan

Saat bayi, sistem pencernaan memang belum berfungsi optimal sehingga si kecil rentan mengalami gangguan pencernaan. Padahal, sistem pencernaan anak memengaruhi daya tahan tubuhnya. 80 persen sistem imunitas tubuh ada dalam saluran pencernaan. Jika pencernaan anak sehat, maka ia tak mudah sakit.

Jadi sangat penting memperhatikan kesehatan saluran cerna agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik, akhirnya tidak mudah sakit dan lebih aktif. Untuk itu, kesehatan pencernaan anak harus dijaga. Kesehatan saluran cerna dapat diwujudkan dengan memberikan asupan gizi seimbang.

Daya tahan tubuh yang optimal bisa diperoleh dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan pemberian ASI diteruskan hingga anak berusia 2 tahun. ASI mengandung probiotik yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu probiotik dalam ASI, yaitu L reuteri yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna anak. ASI pun sudah mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Jika saluran cerna sehat, maka anak dapat menyerap nutrisi dengan baik ke dalam tubuh. Nutrisi inilah yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak lebih optimal. (berbagai sumber/ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM