20Oct
Kids

4 Manfaat Kenalkan Alam pada Anak

Banyak cara untuk bisa menjadikan buah hati lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Selain ilmu pengetahuan alam yang didapatkan saat duduk di bangku sekolah, tentunya bisa juga dengan mengajaknya berlibur ke tempat wisata alam. Cara ini sangat efektif karena anak  bisa mengeksplorasi kondisi alam yang dilihatnya secara langsung. Berikut 4 manfaat kenalkan alam kepada anak!

Merangsang Tumbuh Kembang Anak

Psikolog Anak dan Keluarga Mira D Amir, seperti yang dilansir dari tempo.co, menjelaskan, kebutuhan untuk berinteraksi dengan alam yang tak terpenuhi bisa menyebabkan gambaran atas alam pun kian terbatas karena tumbuhan menjadi hal yang sulit ditemukan. Selain itu, perkembangan dan keseimbangan otak kanan serta otak kiri terganggu. Kepadatan penduduk yang terjadi saat ini dapat mengikis ruang-ruang anak untuk melatih keterampilan fisik dan motorik kasarnya.

Oleh karena itu, orang tua, perlu merangsang agar tumbuh kembang anak tak terkendala. Caranya, bisa dengan memberikan perkenalan secara visual melalui gambar kemudian bergerak ke tempat rekreasi agrowisata yang membuat anak mengenal tumbuhan lebih dini.

Menambah Tingkat Intelektual dan Kemandirian Anak.

Memperkenalkan alam kepada anak, tentunya dapat meningkatkan intelektual anak karena dirinya mengalami langsung pembentukan emosional, sosial, spiritual, dan fisik. Bahkan, memperkenalkan anak di alam juga dapat menghadirkann sikap mandiri. Hal ini dikarenakan munculnya sikap survive yang mengharuskan dirinya berbuat sesuatu yang baik dan benar tanpa harus merusak saat bersentuhan langsung dengan alam.

Meningkatkan Prestasi Akademik atau Non Akademik.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, di sebuah sekolah yang belajar di alam bebas (outdoor) dan berbagai bentuk pengalaman belajar berbasis alam menunjukan kemajuan siswa yang cukup pesat di bidang ilmu sosial, sains, seni bahasa, dan matematika. Siswa di bidang sains yang belajar di area terbuka (outdoor) mengalami peningkatan nilai ujian sebesar 27% (American Institutes for Research, 2005).

Pertajam Kemampuan Problem Solving dan Kreatifitas Anak.

Kemampuan anak yang bermain di alam bebas, akan cenderung lebih cepat menyelesaikan masalah yang dialaminya. Kreatifitasnya juga akan cenderung naik dibanding mereka yang lebih suka bermain di dalam ruangan. Jadi, sangat dianjurkan bagi para orangtua untuk membawa buah hati tercintanya ke alam terbuka.

Teks : Indra / berbagai sumber || Foto : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM