21Apr
Business & Profile

Geliat Pembangunan di Bintaro – Serpong

Pesatnya pertumbuhan bisnis di Bintaro – Serpong menjadikan wilayah ini kian menjanjikan dari sisi investasi. Bagaimana tidak, kehadiran banyak perusahaan besar yang berminat merelokasi kantornya dari central business district (CBD) Jakarta ke pusat pertumbuhan bisnis baru (sekunder), seperti Bintaro dan Serpong kian melejitkan nilai properti di dalamnya.

Jika diperhatikan secara letak geografis, posisi Bintaro memang sangat menguntungkan karena berada diantara pertumbuhan kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan dan Serpong di Tangerang Selatan. Tingginya harga lahan di kedua area ini menjadikan Bintaro sebagai lokasi alternatif yang pas untuk bisa berinvestasi dengan harga yang kompetitif. Oleh karena itu, sejak 2 tahun lalu, pergerakan pasar properti telah mulai bergerak ke Bintaro.

Sederet kehadiran pusat perbelanjaan, salah satunya Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc Mall) turut memberikan efek komersial yang tinggi di wilayah ini. Ditambah keberadaan berbagai instansi pendidikan, baik yang sifatnya formal maupun non formal turut meramaikan kawasan ini. Bahkan, peritel besar seperti, Carrefour, Giant, dan Lotte Mart pun telah ada di Bintaro. Tidak hanya itu, untuk melengkapi unsur tradisionalnya pun Bintaro memiliki Pasar Modern Bintaro Jaya.

Di sisi lain, untuk memanjakan warganya, Bintaro pun menghadirkan ruang terbuka umum berupa area pendestrian untuk para pejalan kaki yang dapat digunakan untuk berolahraga ataupun sekedar jalan-jalan sore.

Hal inilah yang memicu berbagai proyek hunian ataupun perkantoran saling berlomba-lomba untuk membuka lahan secepat dan seluas mungkin di sini. Dan umumnya, untuk ruang-ruang perkantoran di kawasan Bintaro ini banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor keuangan seperti perbankan, dan asuransi.

Kini, kita beralih ke wilayah Serpong, Tangerang – Selatan yang salah satunya meliputi kawasan BSD City. Di sini, pertumbuhan bisnis berjalan dengan sangat cepat sehingga banyak para pebisnis yang rela berinvestasi atau membuka kantor di area ini karena dinilai sangat prospektif.

Sebut saja Unilever Indonesia yang telah memindahkan kantor pusatnya dari Jalan Gatot Subroto Jakarta ke salah satu kawasan perkantoran bernama BSD Green Office Park, BSD City. Unilever tertarik membeli lahan di salah satu kawasan BSD City tersebut sejak 2012. Adapun luas lahan yang dibeli adalah 1,5 hektare (ha).

Kepindahan salah satu perusahaan terbesar yang memproduksi produk-produk home and personal care itu ke BSD City akan menjadi momentum penting. Sebab, akan mendorong harga produk-produk perumahan baru di kawasan BSD City.

Sebelumnya, sepanjang 2015 telah berdiri salah satu pusat perhelatan dan pameran terbesar di Indonesia, yakni Indonesia Convention Exhibition (ICE) serta ditambah dengan keberadaan AEON Mall.

Dan yang cukup menghebohkan adalah rencana Apple yang akan segera menghuni kawasan Green Office Park, Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai pusat penelitian dan pengembangan. Adapun pemilihan Green Park Office 9 sebagai pusat riset Apple hanya bersifat sementara. Pasalnya Apple sedang berencana menempati pusat risetnya sendiri yang masih dibangun saat ini. Diperkirakan, akhir kuartal dua tahun ini, pusat riset Apple di Green Office Park sudah mulai beroperasi.

Pembangunan pusat riset Apple akan dimulai dengan menyewa kantor di Green Office Park 9 yang terletak di BSD yang merupakan kawasan Digital Hub yang dibangun oleh pengembang Sinar Mas Land.

Digital Hub adalah salah satu komitmen BSD City dalam hal transformasi teknologi. Digital Hub kawasan menempati area seluas 25,86 Ha terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses.

Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari start up company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science juga creative industry. 

Digital Hub akan mulai konstruksi pada kwartal kedua 2017 dan menelan total biaya hingga Rp 5 triliun. Digital hub akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti interaktif meeting room, mesin 3D printinggaming roomVR room, segway dan fasilitas lain yang semua ini dapat digunakan bersama-sama untuk kepentingan komunitas di Digital Hub.

Gencar Kembangkan Integrated Smart Digital City, ‘Onesmile App’

Untuk mendukung perkembangan area ini, Sinar Mas Land, sebagai salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia meluncurkan ‘OneSmile App’ dengan tema “Things Are Becoming A Whole Lot Easier with OneSmile” yang diselenggarakan di The Breeze-BSD, belum lama ini.

Hadirnya ‘OneSmile App’ yang merupakan sebuah aplikasi mobile terintegrasi yang dirancang secara khusus untuk mengoptimalkan kualitas hidup warga BSD City serta memperkuat posisi BSD City dalam transformasinya menjadi “The First Integrated Smart Digital City” di Indonesia

Didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital, ‘OneSmile App’ memudahkan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-harinya, proyek dengan investasi sebesar Rp1 miliar ini menargetkan downloader sebanyak 200.000 pengguna aplikasi ‘OneSmile App’.

‘OneSmile App’ diciptakan untuk menjawab tantangan akan laju perkembangan teknologi digital yang turut mengubah pola hidup penghuni BSD City yang terbiasa menggunakansmartphone dengan beragam perangkat aplikasinya. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan oleh OneSmile App mulai dari pembayaran IPL dan Air, melihat jadwal transportasi dan kondisi jalan, membeli tiket, belanja kebutuhan groceries, hingga melakukan pemesanan makanan yang ada di kawasan BSD City bisa dilakukan secara mudah dan dalam satu genggaman saja yang dapat diunduh baik oleh pengguna smartphone berbasis Android ataupun iOS.

Irvan Yasni, CTO Sinar Mas Land dalam keterangan resminya mengatakan,“Sinar Mas Land selaku pengembang utama kota mandiri BSD City sangat senang bisa menghadirkan aplikasi mobile terintegrasi ‘OneSmile App’ khususnya bagi para penghuni BSD City. Dengan hadirnya aplikasi mobile ini, Sinar Mas Land berharap agar aplikasi dapat memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai macam transaksi mulai dari pemesanan hingga pembayaran.”

Lebih lanjut, Jahja Suryandy, Managing Director PT Kresna Graha Investama Tbk menambahkan, PT Kresna Graha Investama Tbk, sebagai pengembang aplikasi mobileOneSmile sangat bangga turut serta menjadi pelopor dari penciptaan smart digital community tidak hanya di BSD City, namun di Indonesia.

“Bagi kami, peluncuran perdana ini baru merupakan langkah awal. Saat ini, kami tengah menyiapkan berbagai pengembangan dan inovasi yang memadukan teknologi termutakhir yang ada guna semakin menjadikan OneSmile sebagai everyday’s lifestyle bagi para penghuni BSD City, beberapa di antaranya adalah GPS tracking, CCTV view dan smart home button. Kesemuanya ini tentunya bertujuan untuk memberikan solusi dan kemudahan dengan cara yang lebih efisien bagi penduduk BSD City di dalam melakukan pemenuhan kebutuhan dan kegiatan sehari-hari mereka,” jelasnya.

OneSmile Mobile App untuk Digital Smart City

Kemajuan teknologi informasi yang serba digital membawa orang ke dunia bisnis yang revolusioner (digital revolution era) karena dirasakan lebih mudah, murah, praktis, dan dinamis dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi serta memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Berangkat dari fenomena ini, Sinar Mas Land selaku pengembang utama kota mandiri BSD City menghadirkan inovasi fasilitas terbaru melalui aplikasi mobile OneSmile yang mampu menyediakan layanan e-Wallet, Community Platform, Loyalty Programs, serta Business Performance Management Solutions dan memberi kemudahan informasi serta kemudahan dalam segala bentuk transaksi bagi para penghuni kota pintar #OneSmileBSD mulai dari pembayaran tagihan air, tagihan Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), melihat jadwal transportasi dan kondisi lalu lintas, membeli tiket, belanja kebutuhan sehari-hari, hingga melakukan pesanan makanan dari berbagai restoran yang ada di area BSD City.

The First Integrated Smart Digital City di BSD City

Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat Sinar Mas Land selaku pengembang kota mandiri BSD City semakin gencar menghadirkan fasilitas dan infrastruktur berbasis teknologi di kota satelit tersebut. Hal ini ditujukan untuk merealisasikan rencana perusahaan yang ingin menjadikan BSD City sebagai “The First Integrated Smart Digital City” yang didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Dimulai dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Membangun jaringan fiber optic, CCTV yang tersebar di sejumlah area yang dapat dipantau melalui command center, dan tak luput menyediakan layanan free wifi di area publik. Tranformasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penghuni BSD City.

Teks : Indra, Berbagai Sumber : Foto : Indra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM