13Jan
KidsUncategorized

Manfaat Buku dalam Membentuk Karakter Anak

Buku merupakan salah satu fasilitas yang dapat membentuk dan membantu menciptakan kecerdasan intelektual serta spiritual pada anak. Oleh karena itu, sudah seharusnya jika para orang tua mulai memperkenalkan buku pada anak sejak usia dini .

Ketika buah hati sudah mulai bisa membaca dan menulis, saat itu pula tanda buah hati sudah siap diperkenalkan pada sebuah bacaan yang menarik. Bisa berupa buku dongeng atau buku-buku pelajaran yang memiliki informasi penting bagi cakrawala pengetahuannya.

Namun, memang bukan perkara mudah untuk membangkitkan kegairahan anak-anak pada buku-buku bacaan. Diperlukan kerja keras dari para orangtua untuk membiasakan anak dengan buku bacaannya. Oleh karena itu, cobalah mulai dari sekarang agar kelak ia tumbuh besar sudah terbiasa dengan membaca buku.

Berikut, beberapa manfaat yang didapat oleh anak jika rajin membaca buku, antara lain :

Menambah wawasan. Dengan membaca, buah hati Anda akan memiliki pengetahuan yang luas dibandingkan dengan teman sebayanya. Manfaat ini sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda sebagai orang tua untuk membiasakan membaca sebagai agenda rutinitas di sela-sela waktu rehat yang ada.

Melancarkan keterampilan berkomunikasi. Susunan yang baik dalam berbicara tentunya akan berpengaruh pada cara mereka berkomunikasi. Mereka akan lebih percaya diri dalam berucap karena mereka  kaya dengan berbagai kata dan kalimat. Dengan perbendaharaan kata yang semakin banyak ini, akan membantu anak lebih mudah dalam berkomunikasi.

Meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Dengan membaca tentunya dapat membuka pikiran anak yang berdampak akan membantu mengembangkan sisi kreatif otaknya. Dengan begitu, anak akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih dan memotivasinya untuk berinovasi melalui daya imajinasi dan kreativitasnya.

Meraih prestasi akademik. Sebuah data statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang pintar di sekolah serta seorang pembaca yang baik, ternyata memiliki orangtua yang rajin membacakan buku pada mereka. Studi lainnya yang diterbitkan dalam Perspektif Psychological Science pada Januari 2013 menyimpulkan bahwa “membaca pada anak-anak dengan gaya interaktif menimbulkan IQ nya lebih dari 6 poin”.

Teks :Berbagai Sumber || Foto : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM