06Mar
Kids

Mengenal Aturan Screen Time Untuk Anak

Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi dewasa ini membuat semua usia, termasuk anak-anak dapat mengakses gadget dengan mudah. Mulai menonton TV, bermain game, melihat video di ponsel, hingga membuka media sosial di gadget yang merupakan bentuk screen time ini dapat dilakukan sesukanya. Oleh karena itu, agar tidak kebablasan, para orangtua diharapkan membuat aturan yang tepat dalam pemanfaatannya.

Pada dasarnya, penggunaan gadget yang baik dan benar pada anak dapat membantu perkembangan otak buah hati menjadi lebih cerdas dan creative. Untuk itu, para orangtua harus mengetahui aturan seperti apa yang dapat membantu pembentukan otak anak kearah tersebut.

Beberapa waktu lalu, American Academy of Pediatric (AAP) mengeluarkan aturan baru terkait aturan main anak menggunakan gadget. AAP mengeluarkan 5 poin rekomendasi untuk para orangtua. Berikut isinya, seperti yang dilansir dari mommiesdaily.com.

  1. Untuk anak dibawah 18 bulan, dilarang menggunakan gadget dalam bentuk apapun, kecuali video-chatting. Sementara itu, orangtua dari anak yang berusia 18 bulan hingga 24 bulan yang ingin mengenalkan media digital, sebaiknya memilih program yang berkualitas tinggi. Dan jangan lupa dampingi si kecil saat menonton tayangan tersebut, sambil memberikan pengertian tentang tayangan yang sedang si kecil tonton.
  2. Bagi anak yang berusia 2 sampai 5 tahun, batasi 1 jam per hari, dan hanya untuk program yang berkualitas. Orangtua (masih) harus mendampingi anak, untuk membantu mereka mengerti seputar apa yang mereka lihat. Lebih bagus lagi jika mommies bisa memberikan gambaran nyata yang terjadi di sekitar mereka.
  3. Untuk anak yang berusia 6 tahun dan lebih, tentukan batas waktu mereka menggunakan media digital, dan tipe media yang digunakan. Dan pastikan, gadget tidak mengambil porsi waktu tidur, aktivitas fisik dan kebiasaan baik lainnya yang mendukung kesehatan si kecil.
  4. Ciptakan momen kebersamaan, tanpa gadget. Contohnya makan malam bersama, berkendara bersama. Atau cukup di rumah saja, berkumpul di atas tempat tidur.
  5. Membiasakan memiliki komunikasi rutin, tentang aturan main dan keamanan menjadi pengguna media online. Dan bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik, entah itu ketika berkomunikasi via media online maupun

Dengan adanya 5 aturan ini, diharapkan komunikasi antara orangtua dan buah hati dapat lebih terjalin  efektif. Sehingga manfaat dari penggunaan gadget pun dapat dirasakan dengan baik untuk pertumbuhan anak-anak.

Perlu diketahui, penggunaan gadget yang tidak dibatasi, menurut Dokter spesialis anak Catharina Mayung Sambo, screen time bisa berdampak buruk pada tumbuh kembang anak. Screen time berlebihan pada anak di bawah usia 2-3 tahun, bisa menimbulkan gangguan bicara dan bahasa. Bahkan, jika kurang tidur bisa membuat anak lebih rewel, penurunan memori otak, dan kurang konsentrasi di sekolah. Selain itu, anak-anak yang sangat aktif di media sosial rentan terkena cyber bullying.

Teks : Berbagai sumber || Foto : IST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM