17Mar
Business & Profile

Peluang Bisnis Jasa Bersih-Bersih Online

Era serba modern makin mempermudah aktivitas masyarakat terutama di kota-kota besar. Setelah ojek modern dan layanan pesan antar makanan, kini jasa bersih-bersih pun mulai marak dipesan lewat online.

Sentuhan teknologi untuk mempermudah aktivitas masyarakat di kota besar kini makin luas. Tidak hanya soal pesan alat transportasi dan antar makanan lewat sentuhan jari, kini urusan bersih-bersih rumah pun bisa tinggal pesan lewat aplikasi ponsel. Bahkan Go-Jek yang awalnya menyediakan jasa ojek modern ini kini mulai menggarap sektor ini dengan menawarkan jasa bersih-bersih panggilan lewat aplikasi bernama Go Clean.

Para pelaku usaha cleaning service pun tidak mau ketinggalan. Tawaran jasa kebersihan online mulai marak untuk menyambut tren ini. Sebut saja Crazy Clean. Perusahaan startup cleaning service besutan Aglan Balweel ini meluncurkan aplikasi di awal Oktober lalu. Berdiri pada Januari 2015 lalu di bawah naungan CV Mitra Multi Mandiri, Aglan bilang, usaha ini menangkap peluang di masyarakat yang enggan mempekerjakan asisten rumah tangga karena alasan efisiensi pengeluaran rumah tangga.

Aglan juga memang memiliki pengalaman pribadi susahnya mencari tenaga pembersih profesional, sehingga itu yang membuat dirinya berinisiatif menjalankan bisnis ini. Hingga saat ini sudah ada ratusan pelanggan yang kerap menggunakan jasanya yang sebagian besar berada di Jakarta.

Layanan cleaning service Crazy Clean tidak hanya untuk bersih-bersih rumah, kos, atau apartemen. Usaha ini juga menerima jasa membersihkan perkantoran, rumah ibadah, pabrik, rumah sakit hingga perawatan taman, kebun, dan pekarangan.

Biaya jasa berkisar Rp 120.000-Rp 150.000 per kunjungan. “Kemudian ada biaya tambahan tergantung dengan luasan area yang dibersihkan,” kata dia. Crazy Clean bisa membersihkan sekitar empat tempat tiap minggu. Aglan menghitung, omzet usaha bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.

Clean Inc. yang juga berpusat di Jakarta turut meluncurkan aplikasi untuk pemesanan jasa bersih-bersih. Selama ini konsumen sudah bisa memesan jasa lewat situs cleaninc.id dengan mengisi formulir di sana. Setelah itu manajemen akan memberi respon.

Berada di bawah bendera PT Bina Kasih Indonesia, Clean Inc. menyediakan jasa menyeluruh konsep housekeeping, baik apartemen dan rumah. Selama dua tahun fokus dalam jasa cleaning service ini, Adithia Perkasa, pemilik Clean Inc mengatakan pelanggannya umumnya berasal dari keluarga muda yang memiliki kesibukan tinggi. “Selama ini 80% pelanggannya adalah penghuni apartemen,” ujar Adithia.

Biaya jasa Clean Inc dihitung berdasarkan luasan area, rata-rata Rp 300.000 per sekali kunjungan. Clean Inc bisa melayani hingga enam tempat dalam sehari. Tidak heran omzet bisa mencapai Rp 50 juta per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM